Academic Visit to Daegu Health College, South Korea.

KATA PENGANTAR

Puji Syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa melalui kebesaranNya, Program Studi DIII  Teknik Gigi Politeknik Kesehatan Jakarta II dapat melaksanakan Studi Banding ke Dental Technology Daegu Health College, South Korea Pada tanggal 07 April 2018.   Program tersebut terlaksana atas dasar tindak lanjut adanya kerjasama melalui penandatanganan  MoU (Memorandum Of Understanding) No. HK.03.02/I/6452/2016 antara Dental Technology Daegu Health College, South Korea dengan Program Studi DIII Teknik Gigi Politeknik Kesehatan Jakarta II.

Studi banding tersebut menghasilkan banyak manfaat baik untuk mahasiswa, Instruktur Laboratorium dan Para Dosen, dikarenakan kemajuan Dental Technology yang berkembang pesat dan penerapan pembelajaran yang yang diberlakukan di Dental Technology Daegu Health College, South Korea jauh lebih maju dan sesuai dengan perkembangan teknologi yang sekarang diterapkan di laboratorium-laboratorium teknik gigi.  Kemajuan Sistem Pendidikan Teknik Gigi sangat penting untuk diterapkan, mengingat kebutuhan pasar kerja yang semakin meningkat. Selain itu program studibanding ini menghasilkan tindak lanjut untuk mahasiswa dan staff Instruktur dapat mengikuti program Intership di Dental Technology Daegu Health College, South Korea.

Dengan melihat langsung  Sistem Pendidikan dan Perkembangan Ilmu Dental Technology di Negara lain, diharapkan Pendidikan Teknik Gigi Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II dapat melakukan perubahan dan meningkatkan sistem pendidikan dan perkembangan Ilmu Dental Technology agar para lulusan dapat bersaing di pasar Internasional.

Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada para pendukung program kegiatan Studi Banding Teknik Gigi Poltekkes Jakarta II seperti Direktorat Politeknik Kesehatan kementerian Kesehatan Jakarta II, Bank BJB, CV Sigra, Mayora, Ivodent Dental Lab Jakarta, Budi Dental Lab & Gallery Batam,  J&J Dental Lab Jakarta dan Central Laboratorium Teknik Gigi Universitas Trisakti.

Akhir kata semoga tersusunnya Hasil dari Program Studi Banding ini akan menjadi acuan yang bermanfaat dalam pengembangan pendidikan DIII Teknik Gigi Politeknik Kesehatan Jakarta II.

 

 

Ketua Program Studi DIII Teknik Gigi

 

 

Drg. Marzia M Tetelepta, M.Si

NIP. 196704211992032002

 

 

TUJUAN

Menggali sebanyak mungkin wawasan dan pengetahuan  baik secara real maupun empiris yang bisa diterapkan kedepannya untuk menjadikan Jurusan Teknik Gigi Politeknik Kesehatan Jakarta II lebih baik.

 

MANFAAT

  1. Mewujudkan tindak lanjut MoU dengan Dental Technology Daegu College, Korea Selatan;
  2. Menambah wawasan;
  3. Menjadikan motivasi pendidikan Teknik Gigi Indonesia pada umumnya dan Jurusan Teknik Gigi Politeknik Kesehatan Jakarta II pada khususnya agar berkembang dan lebih maju;
  4. Memperjelas sistem pendidikan keteknisian gigi yang diterapkan pada  Departement of Dental Technology tersebut baik dari aspek penerapan Kurikulum dan Sistem Pembelajaran Teori dan Praktikum.
  5. Mewujudkan Visi  dan Misi Poltekkes Kemenkes Jakarta II Jurusan Teknik Gigi.

 

 

KENDALA

 

  1. Perubahan waktu yang dialokasikan menjadi 1 hari Kunjungan, menjadikan kurang maksimal dalam melihat ruang kelas.
  2. Kurangnya waktu untuk sesi tanyajawab .
  3. Dana yang cukup besar.

 

HASIL

 

  1. Tindak lanjut Dual Degree Program antara Jurusan Teknik Gigi Politeknik Kesehatan Jakarta II dengan Department of Dental Technology Daegu Health College;
  2. Summer and Winter Short Course bagi instruktur dan mahasiswa yang dapat dibuka di Web Daegu;
  3. E-Learning – Teleconference Program untuk Bidang Dental Technology
  4. Melaksanakan Internship program bagi mahasiswa.
  5. Melaksanakan Kunjungan Balasan dan Internship program mahasiswa Daegu Health Collage ke Jurusan Teknik Gigi Politeknik Kesehatan Jakarta II.

 

 

Ketua Jurusan Teknik Gigi menerima Cindramata dari Daegu Health College.

 

Pudir I dan Pudir II Poltekkes Kemenkes Jakarta II menerima Cinderamata dari Daegu Health College.

 

 

Kunjungan diterima langsung oleh President Daegu Health Collage Mrs. Sung Hee Nam

 

Laboratorium Frame Denture.

 

Laboratorium Dental Porcelain.

 

 

Kontak Kami

Jln. Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru Jakarta 12120
  •   Telp. 021.7397641, 7397643
  •   Fax. 021.7397769
  • E-mail : info@poltekkesjkt2.ac.id