KEGIATAN INTERNSHIP MAHASISWA JURUSAN TEKNIK GIGI DI AUBE DENTAL LAB JEPANG DALAM PROGRAM JIPA

INTERNSHIP MAHASISWA JURUSAN TEKNIK GIGI DI AUBE DENTAL LAB JEPANG DALAM PROGRAM JIPA.

Tokyo, Desember 2017 s/d Maret 2018.

 

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta II merupakan perguruan tinggi yang menghasilkan program diploma (AhliMadya) dan Program sarjana bidang keahlian (Sarjana Terapan) yang menjunjung tinggi Tridharma Perguruan Tinggi, memiliki Visidan Misi, Visi :  Menjadi Politeknik yang unggulan dan berwawasan Internasional di tahun 2018. Dengan Visi : 1. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai dengan pengembangan IPTEK. 2. Mewujudkan dan meningkatkan budaya kerja professional melalaui pengembangan program kerja dan kemitraaninstitusi. 3. Menciptkan tenaga kesehatan yang berkarakter dan berdaya saing.

Saat ini program DIII Teknik Gigi bekerja sama dengan Kabushiki Gaisha AUBE Dental Laboratory JAPAN dan PT JIPA (Japan International Program Academic), Indonesia and Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta II, In respect of Internship Implementation and Increasing Human Resources Capacity in Japan dan sudah melakukan penandatanganan MoU kerjasama. Hal tersebut memberikan kesempatan untuk mewujudkan Tridharma Perguruan Tinggi, Visi Misi Poltekkes Kemenkes Jakarta II dan wujud mengembangkan pendidikan khususnya pengetahuan dan keterampilan mahasiswa bidang teknologi keteknisian gigi.

Dengan telah dilakukan penandatangan MoU antara jurusan Teknik Gigi Poltekkes Jakarta II dengan JIPA dan dalam hal ini adalah kerjasama dengan AUBE Dental Lab, maka telah dilaksanakan Implementasi berupa Program Internship (Magang) mahasiswa Teknik Gigi Jakarta II (3 mahasiswa) selama 3 bulan di Tokyo Jepang.

I. TUJUAN

Untuk mengembangkan kerjasam Indonesia Jepang dalam program Pendidikan, sehingga dengan program internship mahasiswa di Kabushiki Gaisha AUBE Dental Laboratory JAPAN yang merupakan program PT JIPA (Japan International Program Akademik) Indonesia dan Jurusan Teknik Gigi Poltekkes Jakarta II ini dapat bermanfaat bagi institusi dan mahasiswa, yaitu

  1. Mewujudkan Visi dan Misi Poltekkes Kemenkes Jakarta II, yaitu berwawasan Internasional.
  2. Mahasiswa dapat meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Bidang Teknologi Keteknisian Gigi Khususnya penggunaan alat dengan tehnolgi yang modern dan proses pembuatan restorasi mahkota dan gigi tiruan yang sesuai dengan standart di Jepang.
  3. Mengenal budaya Jepang dan Mengembangkan kemampuan berbahasa khususnya Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang.
  4. Mengenal dan belajar tentang ethos kerja dan kedisiplinan kerja selama di Jepang.

 

II. KEGIATAN

Kegiatan Program internship antara Kabushiki Gaisha AUBE Dental Laboratory JAPAN dan PT JIPA (Japan Internasional Program Akademik), Indonesia and Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta II, sebagai berikut :

  1. Persiapan.
    • Perekrutan Mahasiswa yang akan mengikuti program diseleksi di jurusan, berdasarkan kemampuan mahasiswa dalam teori dan praktikum, mampu berbahasa inggris dan pernah belajar bahasa jepang sebelumnya.
    • Kursus Bahasa Jepang yang dilaksanakan selama 3 bulan di ruang kampus Teknik Gigi, dibimbing oleh guru bahasa jepang yang di fasilitasi oleh PT. JIPA Indonesia.
    • Pembuatan paspor dan visa Jepang untuk mahasiswa yang akan berangkat.
    • Cek Kesehatan : Fisik, mental, kesehatan paru-paru dan sebagainya.
    • Pembekalan dan pengayaan baik teori, praktek dan pembekalan secara moral dan spiritual.
  2. Pelaksanaan.
    • Keberangkatan dan kepulangan terbagi 2 kelompok, yaitu:
    • Kelompok I, 1 orang mahasiswa an. Muhammad Rifki yang berangkat tgl. 2 Desember 2017 dan pulang 28 februari 2018 (3 bulan). Didampingi oleh 1 orang staf dari PT. JIPA Indonesia (  sdr. Harun).
    • Kelompok II, 2 orang Mahasiswa an. Dita Syafitri dan Dhia Maulidina Herning yang berangkat tgl 15 desember 2017 dan pulang tgl 13 maret 2018. Berangkat didampingi oleh 2 orang (drg. Marzia P Tetelepta, MSi dan drg. Endang Prawesthi, Sp. Pros).
  • Kegiatan yang dilakukan oleh peserta Internship, yaitu:
  • Masuk dan pulang selama bekerja di AUBE dental lab sama seperti karyawan jepang.
  • Mahasiswa mengerjakan pekerjaan Pembuatan Gigi Tiruan Mahkota Ceramic dan Full Cast Crown dengan technology CADCAM yang sesuai dengan standart di Jepang, mulai dari penerimaan cetakan model kerja dari dokter gigi sampai di basis, mendesain dengan menggunakan alat CAD/CAM, wax up dengan wax block, casting, finising sampai polishing.
  • Membuat laporan pekerjaan, karena program ini di samakan denga PKL mahasiwa jadi mereka juga harus membuat laporan pekerjaan dan sekaligus menyiapkan kasus untuk dipresentasikan di tanah air.
  • Selain   bekerja,    Mahasiswa   juga   diberi   kesempatan    untuk mengenal budaya dan nmengunjungi tempat wisata di Jepang.

 

III. PESERTA

  • 3 Mahasiswa dan 2 dosen Pendamping, terdiri dari: Mahasiswa: 
    • Muhammad Rifki
    • Dita Syafitrid
    • Dhia Maulidina Herning
  • Dosen :
    • Drg. Marzia P Tetelepta, MSi
    • Drg. Endang Prawesthi, Sp.Pros

 

IV. TUGAS PENDAMPING

Selama Program Intership di Kabushiki Gaisha AUBE Dental Laboratory JAPAN ini mahasiswa diantar oleh dosen pendamping. Tugas dosen pendamping:

  1. Mengantar mahasiswa berangkat ke Jepang.
  2. Melakukan pendampingan dan supervise sebanyak 3 kali.
  3. Melakukan pembicaraan dengan Direktur Aube Dental Lab untuk kemungkinan dilanjutkannya kerjasama tersebut untuk tahun-tahun yang akan datang.
  4. Pertukaran cendera mata antara Jurusan Teknik Gigi Jakarta II dengan pihak Aube dental Lab.

 

V. OUTCOME PROGRAM

Adanya kerjasama dengan Kabushiki Gaisha AUBE Dental Laboratory JAPAN dan PT JIPA (Japan Indonesia Program Akademik), Indonesia and Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta II, In respect of Internship Implementation and Increasing Human  Resources Capacity in Japan ini diharapkan:

  1. Meningkatkan Ilmu Pengetahuan mahasiswa bidang keteknisian gigi di luar negeri (Japan).
  2. Mahasiswa   lebih   terampil   dalam   menggunakan   teknologi   alat keteknisian terbaru bidang pembuatan gigi tiruan mahkota ceramic.
  3. Meningkatkan     keterampilan     bahasa,     bahasa      Jepang     dan bahasa Inggris.
  4. Meningkatnya kedisiplinan kerja dan kerjasama dalam tim.

 

PENUTUP

Dengan adanya dukungan dari segala pihak untuk kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan bidang keteknisian gigi melalui kerjasama dengan Kabushiki Gaisha AUBE Dental Laboratory JAPAN dan PT JIPA (Japan Indonesia Program Akademik), Indonesia and Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta II, In respect of Internship Implementation and Increasing Human Resources Capacity in Japan, yang telah dilaksanakan selama 3 bulan maka diharapkan program kerjasama Internasional ini dapat dilanjutkan dan membawa manfaat yang besar untuk nama baik institusi dan juga kemampuan dan wawasan mahasiswa peserta.

 

Kontak Kami

Jln. Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru Jakarta 12120
  •   Telp. 021.7397641, 7397643
  •   Fax. 021.7397769
  • E-mail : info@poltekkesjkt2.ac.id